Kuis Indikator Representational System



Apa itu Representational System? Kita dapat melihat seekor gajah dari jarak beberapa meter, tanpa menyentuh, tanpa mencium bau kotorannya dan tanpa mendengar suaranya. Jadi indera penglihatan kita mewakili dan menghubungkan kita dengan si gajah. Bila kita berjalan mendekati gajah tersebut—hingga jaraknya cukup dekat—maka kita dapat mencium bau kotorannya dan juga bau tubuhnya serta mendengar suaranya. Lebih mendekat lagi maka kita akan dapat memegang belalainya dan terakhir jika mau bisa menjilat kulitnya!  

Representational System; salah-satu materi penting NLP,
yang akan dikuasai peserta workshop.

Betul, saya berbicara tentang panca indera walaupun dengan urutan teracak: Penglihatan; Penciuman; Pendengaran; Perabaan dan Pencecapan. Dalam buku-buku NLP pada umumnya diurut sebagai VAKOG (Visual Auditory Kinesthetic Olfactory Gustatory). Disebabkan kita tidak langsung terhubung dengan segala sesuatu yang ada di lingkungan, maka panca indera—mungkin lebih baik disebut inderawi saja mempertimbangkan bahwa tidak semua manusia memiliki kelima-limanya—adalah perwakilan atau representatif yang menghubungkan peta mental kita dengan realitas. Sebagai ilustrasi bagaimana kita tahu bahwa yang kita lihat itu gajah? Sebab dalam mental kita telah terinstal imaji “gajah” dan suara yang mengatakan “gajah”.  Demikian pula halnya suara; misalnya jika si gajah mengeluarkan suara meong, kita akan takjub sekali, sebab kita mengenali bahwa meong adalah suara kucing. Demikian pula halnya jika ketika meraba belalainya ternyata licin seperti ular kita juga bisa mengenali dan seterusnya.  
                Menurut para ahli komunikasi tidak setiap kita menggunakan setiap indera dengan porsi yang sama, artinya ada yang lebih cenderung ke visual (penglihatan). Ada yang lebih cenderung ke auditory (pendengaran) . Ada pula yang lebih cenderung ke kinesthetic (termasuk perasaan, perabaan, penciuman, pencecapan). Kecenderungan itu mempengaruhi kita menyusun strategi dan mengambil keputusan. Seseorang yang cenderung berpikir “gambar” melewatkan banyak detail yang dianggap tidak penting. Sebaliknya seseorang yang cenderung berpikir “suara” untuk mengambil sebuah keputusan, misalnya memutuskan makan malam di mana, suka mendengarkan usulan orang lain.  Orang yang perasa akan lebih mudah mendapatkan informasi jika ia dapat “merasakan” dengan kulitnya, makanya orang itu suka menyentuh, mengetuk-ngetuk, menimang-nimang atau memegang benda-benda di sekitarnya.
Ada satu lagi kecenderung yang sebenarnya agak dekat dengan perasaan dan auditory, yaitu Auditory Digital (Ad). Orang yang cenderung beroperasi dengan Auditory Digital suka berbicara dengan diri sendiri untuk mengolah informasi yang telah diakses melalui indera-indera lainnya.
Nah, bagaimana kecenderungan Anda? Para NLP Practitioner pasti pernah mengisi suatu kuis yang akan membantunya memahami kecenderungannya mengolah informasi dari sudut pandang mengambil keputusan dan mental strategies. Menurut saran seorang sahabat dan—sekarang NLP Practitioner, Saudara Ferry—saya sharing kuis ini setelah saya olah ulang. Mudah-mudahan bermanfaat setidaknya menyenangkan hati.   
Setelah saya “keliling” mencari cara membagikan Excell workbook ini dan menemukan bahwa cara konvensional lebih mudah, maka saya mengundang Anda mengirimkan email ke erni.julia@gmail.com dan saya akan membalas email Anda dengan attachment Quiz Indikator Rep System.xls.
Bagaimana mengisi kuis ini?
Pertama Anda akan mendapatkan tiga sheets pada workbook ini. Bacalah petunjuk pada sheet pertama, lalu lanjutkan mengisikan halaman kedua, baca dulu petunjuknya dengan teliti. Setelah selesai, Anda tinggal membuka halaman ketiga untuk melihat hasilnya. 
Pada Sheet Pertama Anda akan menemukan petunjuk umum.


Silakan buka halaman kedua "Quiz" silakan membaca petunjuk pengisian dengan
teliti.  
Isian Anda harus akan tampak seperti ini. Untuk #18, silakan pilih menurut jenis kelamin Anda.
Ini bukan masalah jender hanya menurut kebiasaan saja.

Terakhir Anda akan mendapatkan "hasil" berikut grafik. Ingat nilai atau penjumlahan di K27 harus sama dengan 200. 

No comments:

Post a Comment